advertisement

Sabtu, 17 Februari 2018

Kerja Online Sebagai Penulis Lepas di Internet


Sebagai seseorang yang menyukai internet terutama kaum terdidik menengah dan tinggi, sudah pasti sering membaca artikel di berbagai topik untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas jati diri. Hal ini terutama berkaitan dengan pekerjaan utama serta bidang keahlian yang ditekuni. Sehingga ada pada satu titik dimana dia akan timbul suatu keinginan ingin mengajar dengan menjadi seorang penulis. Dan internet telah memberikan pilihan kepadanya untuk kerja online menulis artikel di berbagai metode di internet dengan segala fasilitas yang telah tersedia.

Kerja online sebagai penulis lepas di internet atau freelance maksudnya adalah suatu profesi sebagai penulis yang tak terikat oleh siapapun dan oleh apapun dan tak mengharap gaji atau bayaran secara tetap dan teratur. Profesi ini hanya terikat oleh etika dan moral standard umum dan jiwanya/diri sendiri.

Artikel yang relevan: 10 Cara Membuat Artikel di Rangking 1 Mesin Pencari Google .

Ada beberapa manfaat yang bisa diraih saat kerja online sebagai penulis lepas di internet, yaitu :

1. Sebagai penyalur hobby menulis secara bebas yang tak dibatasi oleh bermacam macam ketentuan dan syarat.

2. Mampu digunakan sebagai alat untuk menambah pendapatan atau malah bisa menjadi sumber pendapatan utama dibandingkan dengan pekerjaan utamanya.

3. Bisa dimanfaatkan sebagai pekerjaan tetap selanjutnya apabila dirasa telah menghadapai situasi PHK.

4. Sebagai sarana hiburan bagi orang lain yang memerlukannya dan terutama untuk dirinya sendiri.

5. Sebagai media yang bisa digunakan untuk sumber informasi dan pengetahuan bagi banyak orang lain di internet.

6. Bisa dimanfaatkan sebagai sarana mendatangkan traffic pengunjung ke website dan blog kita.

7. Sebagai sarana untuk menambah atau memperbanyak jumlah follower kita di berbagai akun sosial media networking terkenal di internet, seperti facebook, instagram, twitter, dan youtube.

ke tujuh manfaat tersebut di atas adalah kepastian yang bisa dididapatkan apabila kita menekuni kerja online sebagai penulis lepas di internet atau freelance.

Sedangkan langkah nyata bagaimana menjalankanya, di bawah ini ada beberapa jalan atau langkah yang bisa di gunakan sebagai bagian dari kerja online sebagai penulis lepas di internet atau secara freelance, yaitu antara lain:

Artikel yang relevan: Kerja Oline Secara Part Time Dengan Menulis Blog.

1. Kerja online dengan menulis artikel di blog sendiri yang dibuat melalui penyedia layanan blog gratis seperti: blogger, wordpress webly atau tumblr dan dari indonesia detik dot com. Menulis artikel di sebuah blog hendaknya memperhatikan beberapa hal agar mampu mendatangkan pembaca, bukankah mendapatkan pembaca adalah tujuan utama dari kegiatan menulis di blog kita?

Pertama adalah menentukan kata kunci yang akan digunakan dalam setiap artikel yang akan ditulis, kata kunci utama adalah kata kunci yang paling populer yang paling tinggi tingkat pencariannya di google keyword tool/planner. Tetapi yang akan digunakan di artikel kita nantinya sebaiknya adalah kata kunci yang panjang yang mengandung kata kunci utama itu, agar mampu bersaing di halaman pertama hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci itu di mesin pencari google.

Kedua adalah penggunaan kata kunci di judul serta di isi artikelnya terutama pada posisi dan jumlahnya juga sangat menentukan di halaman hasil pencarian melalui google dan mesin pencari utama lainnya seperti bing dan yahoo.

Ketiga adalah pembuatan sejumlah besar artikel dengan topic yang hampir sama turut memberi andil dalam hal kemampuan dominasi artikel kita secara organik di google.

Terakhir adalah kemampuan kita dalam kerja online ini adalah dalam hal promosi untuk setiap artikel yang kita buat di internet turut berperan besar dalam mendatangkan pengunjung dan pembaca ke blog kita.

Dengan menulis artikel secara benar dan promosi yang tepat serta dalam jumlah yang banyak dalam berbagai topic atau tema yang saling berkaitan akan mampu menjadikan kerja online sebagai penulis lepas oleh kita terkenal secara online di internet. Dan kerja online seperti ini akan memudahkan kita untuk meraih mimpi yang belum terwujud dan ini akan menjadikan kita seperti seorang selebriti online. Telah banyak blogger yang menjadi terkenal dan kaya serta makmur melalui tulisan yang mereka buat dan bermanfaat di blognya, seperti neilpatel, john chow, Timothy Sykes, pat flynn, dsb.

2. Kerja online dengan menulis artikel di situs berdasarkan kompetisi proyek, kompetisi ini memperebutkan hadiah sejumlah uang yang disediakan oleh pemilik proyek melalui situs pihak ketiga yang terpercaya. Persaingan di medan ini sangat keras, sama seperti persaingan dibidang disain grafis dengan model yang sama yaitu kompetisi. Situs yang berlaku sebagai pihak ketiga ini banyak contohnya antara lain, odesk, freelancer, dan guru dot com. Apabila anda mempunyai kemampuan menulis yang baik dan mempunyai kemampuan berbahasa inggris yang sempurna maka kerja online dengan menulis artikel dengan model ini adalah langkah yang tepat.

3. Kerja online dengan menulis artikel di situs yang berdasarkan proyek tertentu dengan hadiah yang tetap bagi sejumlah penulis. Model situs ini contohnya adalah iwriter. Di sana ada beberapa tingkatan status sebagai penulis lepas, yaitu standard, premium dan elite, untuk setiap level status penulis tersedia proyek penulisan dengan nilai yang berbeda beda. Dan untuk meraih status penulis yang setingkat lebih tinggi diatasnya itu didasarkan pada keberhasilan kita dalam menyelesaikan setiap proyek artikel yang ada di level status yang dimilik saat ini.Kerja online dengan cara seperti sungguh merupakan kerja yang sangat keras karena harus bersaing dari bawah dan bernilai kecil.

4. Kerja online dengan menulis e-booknya sendiri yang akan dijual secara online melalui situs pihak ketiga yang ada di internet dan sudah terkenal. Situs yang berperan sebagai pihak ketiga ini adalah situs yang bisa dipercaya dan lengkap fasilitasnya sebagai contoh adalah, paydotcom, clickbank dan amazon. Situs situs ini mampu dipercaya karena telah terbukti banyak penulis yang mempercayakan hasil karyanya di sana dan juga karena kelengkapan fasilitasnya seperti, sales page, file hosting, bandwith yang tak terbatas, payment prosessor, halaman kontak atau message, serta gratis untuk bergabung disana. Mereka biasanya mengambil fee untuk setiap transaksi yang terjadi. Kerja online seperti ini adalah paling mudah dan enak sebab penghasilan akan datang dengan sendirinya setelah kerja keras dengan menghasilkan ebook yang bagus.

5. kerja online dengan menulis sebuah artikel yang bisa dijual ke orang lain bukan ebook, melalui situs pihak ketiga yang bisa dipercaya. Situs pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan adalah: marketplace digitalpoint untuk kategory artikel. Mereka menyediakan file hosting, payment porssesor gateway (gerbang pemroses pembayaran mandiri), bandwith tak terbatas, gratis untuk menjual disana, sales page (halaman penjualan) serta sejumlah besar calon pembeli dari pengunjung situs itu. Ini adalah jalan kerja online lain yang terbaik bagi mereka yang punya hobby menulis dan ingin menjual tulisannya secara langsung.

6. Kerja online dengan menulis artikel berdasar pesanan dengan menjual jasa layanan pembuatan artikel apapun yang bekerja sama dengan situs pihak ketiga yang terpercaya. Situs ini adalah sebagai pihak yang menjembatani antara pihak pertama yaitu pembeli dan pihak kedua yaitu penyedia jasa pembuatan artikel. Contoh situs pihak ketiga yang bisa digunakan dalam kerja online ini adalah fiverr, seoclerks, dan mereka menyediakan sales page dan informasinya, bandwith yang tak terbatas, portfolio page, halaman kontak message,serta payment prossesor macam paypal. Kerja online type seperti menuntut kerja keras dan konsentrasi tinggi serta penuh disiplin karena persaingannya banyak.

Menekuni kerja online sebagai penulis lepas dengan menulis artikel di berbagai cara seperti di atas itu perlu waktu untuk menjadikannya bener benar ahli di bidang ini, pelatihan menulis artikel dengan menggunakan sebuah blog, atau menulis di sosial media terkenal adalah jalan terbaik dan dengan itu akan menjadikannya sebagai portfolio untuk terjun ke profesi ini ketingkat yang lebih lanjut.

Pekerjaan kerja online sebagai penulis lepas inipun akan bisa menjadi pekerjaan full time yang membutuhkan banyak waktu, perhatian, uang dan kerja keras serta kedisiplinan yang tinggi meskipun hanya sekedar sebagai penulis blog gratisan. Apabila anda memutuskan untuk terjun ke dunia penulisan artikel professional di iwriter nilai uangnya memang sedikit pada level standard, tetapi pelan dan pasti akan hasil yang didapatkan, dan dengan itu akan meningkatkan status level kita menjadi lebih tinggi. Sedikit demi sedikit lama lama akan menjadi bukit.

Kegalan demi kegagalan dalam kerja online pasti akan kita temui pada jalan profesi ini seperti yang terjadi pada bidang profesi kerja online lainnya tetapi harusnya hal ini akan menjadikan kita lebih sempurna untuk berkarya di masa mendatang.

Artikel yang relevan: Kerja Online Sebagai Fotografer Freelance.

Semoga tulisan tentang kerja online sebagai penulis lepas dengan menulis artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua terutama bagi saya sendiri, karena ini juga akan menjadi pengingat saya dikemudian hari. terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

7 Cara Membuat Artikel Agar Mendapat Banyak Pengunjung

Sebuah artikel di internet buat oleh seorang penulis adalah dengan sebuah alasan atau tujuan. Ada yang mempunyai alasan untuk hanya sebag...