Cari Blog Ini

Kamis, 15 Februari 2018

Kerja Online Sebagai Fotografer Freelance


Di masa yang susah cari kerja dan banyaknya pengangguran seperti saat ini, maka kerja online sebagai fotografer freelance (lepas) di internet adalah pilihan yang baik untuk memecahkan masalah itu. Pengetahuan fotografi itu tidaklah sulit untuk dipelajari, harus dilakukan belajar dengan praktek secara langsung. Dengan hanya berbekal kamera saku digital terbaru maka anda akan siap untuk memasuki dunia kerja online secara bebas tak terikat. Bebas disini maksudnya adalah tidak terikat oleh aturan perusahaan mengenai jam kerja, absensi, syarat ijasah Perguruan tinggi, tak perlu harus melamar sampai ratusan lamaran yang akhirnya tetap ditolak.

Tetapi dengan menggunakan kamera yang lebih mahal yaitu DSLR (digital single lens reflect) serta teropong jarak jauh dan juga tripod adalah jauh lebih baik dalam hal menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi, lebih di anjurkan untuk digunakan. Ada baiknya sebelum mulai mendaftar keberapa situs microstock untuk menyerahkan hasil forografi kita, terlebih dahulu melakukan latihan membidik objek secara terus menerus, sehingga betul betul mahir menguasai alat dan mampu menghasilkan gambar yang sangat bagus. Dan jangan lupa untuk selalu belajar tentang fotografi secara online melalui artikel, tutorial, serta tip dan trik di internet.

Ada banyak situs yang bisa di gunakan untuk menjual hasil jepretan kamera kita, dimana dengan meraka mampu menghasilkan gaji atau pendapatan sebagai imbalan kerja keras kita selama ini :

1. Dreamstime, Situs microstock ini mempunyai PR7, dan telah ada 17 juta pengguna, serta mempunyai angka traffic pengunjung sebanyak 23 juta visits per bulan. Didirikan sejak tahun 2010, sudah ada puluhan juta photo disana.

Dreamstime - halaman depan


2. 123rf, situs yang cukup bagus untuk para fotografer karena jumlah pengunjungnya mencapai hampir 30 visits per bulan, dan punya PR7. Sampai saat ini ada 77 juta foto telah tersimpan disana. minimum pay out adalah $50.

123rf - halaman depan


3. istockphoto, Situs mikrortok yang cukup bagus dengan PR8 dan angka traffic yang tinggi sekitar 30 juta visits per bulan.

istockphoto - halaman depan


4, shutterstock, situs yang paling besar untuk ukuran mikrostok photography, PR8 dengam 125 juta foto sudah ada disana. angka traffic nya mencapai 77 juta visits per bulan, cukup bagus untuk di masuki.

shutterstock - halaman depan


5. Eyeem, situs ini adalah situs pasar untuk foro dan komunitas fotografer terbaik minimum pay out minimal $2 PR6, serta angka traffic nya 1,9 juta visits per bulan. Cukup bagu untuk di ikuti karena saya telah 3 kali dapet kiriman duit dari sana.

Eyeem - halaman depan


6. fotolia, situs yang cukup tua dan dimiliki oleh adobe punya PR7 dan anfka traffic sebesar 9 juta visits per bulan. agak susah untuk menerima foto baru.



Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya kita melakukan penjualan ke beberapa situs tersebut diatas bersama-sama. Dan juga perlu diperhatikan beberapa hal ini yang memungkinkan foto kita lebih mendominasi di kategory tertentu dalam satu situs itu.

1. Memilih genre foto yang paling populer untuk dibuatkan foto oleh kita. Karena foro yang paling populer adalah foto yang paling banyak diminati atau paling laris terjual.

2. Mengunggah foto dalam jumlah yang banyak dan konsisten. terutama untuk kategory tertentu, hal ini dimaksudkan untuk dominasi keberadaan foto jenis itu.

3. Membuat judul yang bagus, yang menarik perhatian, unik, dan mengandung keywords 2 frasa atau lebihdi awal judul.

4. Membuat diskripsi yang bagus dan unik dengan mengandung keyword di awal diskripsi dan di akhir diskripsi.

5. Membuat keyword tags di kotak tags nya sebanyak 50 buah, agar mengoptimalkan dari hasil pencarian dengan search engine pada situs itu.

3. Mempromosikan link dari halaman penjualan dari tiap foto yang telah kita unggah disana, ke berbagai sosial media atau ke blog kita. Untuk mencari pengunjung secara cepat, sehingga foto kita akan menjadi trend untuk kata kunci tertentu yang telah kita pilih dalam waktu yang lama.

4. Membagikan halaman portfolio kita ke berbagai penjuru secara online atau offline. halaman portfolio kita ini berisi informasi tentang kita dan koleksi foto kepunyaan kita disana.

5. Mencoba untuk membangun backlink yang berkualitas di social bookmark, social media, blog komentar, dsb. Agar mampu mendominasi di SERP di halaman pertama google search engine. 6. Mencoba untuk memberi foto gratis ke situs puiblicdomainpicture dimana link portfolio atau halaman penjualan foto kita taruh di profile kita. Agar supaya ada yang tertarik untuk membeli koleksi foto kita di halaman portfolio di suatu situs tertentu itu. Dimana sudah barang tentu foto yang kita bagikan secara gratis adalah foto berkualitas nomor 2.

7. Unggah beberapa foto di 500PX sebagai koleksi foto,untuk membangun hubungan dengan industri yang lebih berwenang disana.

Kerja online sebagai fotografer freelance (lepas) bisa dilakukan dengan menekuni bidang profesi lainnya secara online pula. Guna meningkatkan kemampuan sumber daya kita serta untuk meraih peluang yang ada apabila sekiranya kerja online sebagai fotografer belum atau tidak memberikan pendapatan atau penghasilan yang cukup guna menopang hidup kita sehari-hari. Bidang lain yang bisa ditekuni itu antara lain: penulis, blogger, tester, asisten virtual, penjual, pemasar, atau video graber saja.

Semua bidang lainnya itu bisa dilakukan secara bersama atau sebagian, tetapi meskipun demikian tetap diperlukan kesabaran dan ketekunan dalam jangka waktu yang panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Cara Jualan Online Disain Website Template

Menjual apapun secara online sangat menguntungkan karena sangat mudah serta tanpa perlu modal besar untuk memulainya, serta cepat menghasil...