advertisement

Kamis, 14 Mei 2020

7 Cara Membuat Artikel Agar Mendapat Banyak Pengunjung



Sebuah artikel di internet buat oleh seorang penulis adalah dengan sebuah alasan atau tujuan. Ada yang mempunyai alasan untuk hanya sebagai penyampai pikiran dan perasaan, ada yang beralasan sebagai penyalur bakar menulis, dan ada yang beralasan pula sebagai jalan untuk mencari uang secara online. Apapun alasan atau tujuan dibalik penulisan sebuah artikel tersebut semuanya pasti akan membutuhkan pengunjung yang akan membacannya dan lebih bersukur lagi apabila telah dapat dibaca oleh orang dalam jumlah banyak. Oleh karena itu adalah penting bagi seorang penulis artikel untuk mengetahui bagaimana cara membuat artikel agar mendapat banyak pengunjung yang akan membaca artikel tersebut.
Pada tahap ini dibutuhkan kerja yang lebih keras lagi dan ketekunan serta kesabaran yang lebih tinggi. Dari keadaan yang hanya mampu masuk pada ranking 1 di mesin pencari google menuju pada tingkat persaingan yang lebih tinggi yaitu bersaing dengan para penulis yang berbakat serta menguasai teknik SEO yaitu pada tingkat persaingan berdasar kata kunci yang besar hasil pencariannya.

Sebelum memasuki tahap cara membuat artikel agar mendapat banyak pengunjung maka seorang penulis artikel di sebuah blog harus mengerti bagaimana menulis artikel yang baik dan benar, serta telah mengerti dan telah membuktikan bagaimana cara membuat artikel mampu menempati rangking 1 google di tingkat persaingan yang lebih rendah di mesin pencari google berdasar kata kunci tertentu dengan hasil pencarian yang rendah di google keyword planner.
Apabila sudah berhasil dalam tahap ini maka langkah selanjutnya adalah memasuki tahap yang lebih tinggi yaitu pada tahap dimana membuat sebuah artikel dengan menggunakan kata kunci yang mempunyai hasil pencarian lebih tinggi serta tingkat persaingan di google lebih banyak lagi.Sebagai contoh adalah dengan menggunakan kata kunci yang mempunyai volume pencarian sekitar 10K dan tingkat persaingan di mesin pencari google antara 1-10 juta pesaing (kompetitor).
Kalau selama ini telah mampu menempati ranking di halaman 1 google pada tingkat persaingan sekitar ribuan, atau puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu pesaing secara stabil di posisi tersebut dalam jangka waktu yang lama berdasar kata kunci yang mempunyai volume pencarian relatif sedikit yaitu hanya ribuan dalam sebulan. Maka si penulis tentunya harus berusaha mencoba untuk masuk ke tahap yang lebih tinggi yaitu dengan tingkat persaingan di atas 1 juta pesaing serta dengan menggunakan kata kunci dengan volume pencarian antara 1 - 10 ribu per bulan atau lebih.

Untuk itu ilmu bagaimana cara membuat artikel agar mendapat banyak pengunjung harus dikuasai dan kemudian dilaksanakan secara disiplin dan konsisten.

Artikel yang relevan: 10 Cara Membuat Artikel di Rangking 1 Mesin Pencari Google

Ada 4 tipe trafik atau lalu lintas pengunjung ke suatu artikel yang bisa dimanfaatkan secara bersama-sama agar mendapat hasil yang optimal atau bahkan maksimal, yaitu:

1. Trafik yang berasal dari backlink yang dibuat oleh orang lain tanpa kita sadari. hal ini disebut clickbait atau trafik yang berasal secara viral. hal ini terjadi karena artikel tersebut sangat disukai dan bermanfaat bagi pembaca dan dianggap penting olehnya sehingga mereka membagikannya ke orang lain secara sukarela.

2. Trafik ke suatu artikel yang berasal dari artikel lain yang relevan yang masih berada di satu blog atau situs. Trafik ini Mungkin berasal dari artikel yang telah berhasil meraih ranking lebih dulu dan telah mendapatkan pengunjunag yang cukup banyak. Trafik ini tidak bisa dianggap remeh karena akan membawa manfaat yang banyak terutama mampu meningkatkan angka page view, mampu meningkatkan angka CTR (click trough rate) serta mampu pula meningkatkan angka PA (page authority) karena adanya link antar artikel di suatu blog. Oleh karena penting kiranya untuk menaruh beberapa link di sebuah artikel ke artikel relevan yang berbeda.

3. Trafik atau lalu lintas pengunjung artikel yang berasal dari pencarian organik lewat mesin pencari google. Dikarenakan artikel tersebut telah berada dihalaman pertama atau malah berada di ranking teratas dari hasil pencarian lewat google berdasar pada kata kunci tertentu yang mana kata kunci tersebut mempunyai volume pencarian cukup tinggi. Ini bisa terjadi apabila si penulis artikel telah menguasai teknik cara membuat artikel yang baik dan benar serta disukai oleh pembaca dan disukai pula oleh mesin pencari google. Penulisan artikel yang baik dan benar tentunya telah meliputi berbagai faktor diantaranya adalah teknik SEO onpage/offpage, alur penulisan, gaya penulisan serta struktur artikel. Hasil dari pelaksanaan teknik ini akan terlihat sangat bagus meskipun akan berlangsung secara lambat tetapi akan stabil untuk jangka waktu yang lama.

4. Trafik yang berasal dari situs sosial media besar dan terpercaya dan paling populer di internet seperti twitter, facebook, pinterest, youtube, linkedin dan quora.Trafik yang berasal dari teknik sosial sinyal ini tidak dapat diremehkan meskipun biasanya hanya berlangsung dalam waktu singkat. Pada intinya trafik yang berasal dari link nofollow dari stus sosial media cukup bagus dalam memberi dampak kepada ranking artikel tersebut di google.

Dengan mengetahui jenis trafik atau lalu lintas pengunjung ke suatu artikel seperti tersebut di atas sebagai bagian dari cara membuat artikel agar mendapatkan banyak pengunjung maka akan dapat diketahui dan disusun langkah-langkah secara detailnya sebagai respon dengan mengetahui asal dan jenis trafik tersebut.

Artikel yang relevan: Kerja Online Sebagai Penulis Lepas di Internet

Secara singkat di bawah ini ada 7 cara membuat artikel agar mendapat banyak pengunjung secara optimal seperti yang diinginkan sehingga akan mempermudah dalam upaya mendapatkan uang melalui artikel yang dibuat oleh penulis, yaitu:

1. Mencari thema yang akan dituju untuk pembuatan artikel. Thema tersebut tentunya adalah thema yang sesuai dengan bidang apa yang telah penulis kuasai atau bidang apa yang disukai. Karena sebuah artikel yang dibuat berdasar dengan bidang apa yang dikuasai atau disukai akan menghasilkan karya yang lengkap menarik dan akan menimbulakn kecintaan dan kekaguman. Nah disinilah faktor penting yang menjadikan artikel tersebut sukses, yaitu sukses telah mampu berada di ranking dan sukses meraih jumlah trafik yang besar. Ada banyak tema yang bisa diambil misalnya, thema tentang youtube, google, internet, edcommerce, facebook, dsb. Nah dari satu tema akan bisa dibuat menjadi banyak artikel dengan menggunakan kata kunci yang berbeda.

2. Mencari dan menggunakan kata kunci yang mempunyai volume hasil pencarian yang besar, yaitu sekitar 10 ribu atau 100 ribu perbulan dengan menggunakan google keyword planner. Kata kunci ini nantinya akan digunakan sebagai senjata utama SEO onpage di dalam artikel maupun offpage untuk meraih ranking teratas di mesin pencari google. Penggunaan kata kunci utama sebagai cara membuat artikel agar mendapat banyak pengunjung hendaknya menggunakan kata kunci berekor panjang (yang terdiri lebih dari 3 kata) akan lebih bagus daripada dengan menggunakan kata kunci berekor pendek (yang terdiri dari 1 atau 2 kata), karena akan lebih fokus dan lebih khusus dalam pencarian di google dan juga kebanyakan para pencari informasi di sana lebih sering menggunakan kata kunci berekor panjang.Disamping itu juga tingkat persaingan di google relatif lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan kata kunci berekor pendek.

Cara menemukan kata kunci yang akan digunakan adalah dengan menggunakan software atau situs yang menyediakan untuk itu secara gratis atau yang berbayar. Yang bisa digunakan secara gratis dan merupakan situs atau software terpercaya adalah google keyword planner (GKP).Untuk menggunakannya cukup masuk dengan akun gmail kemudian segera mencari kata kunci utama yang akan digunakan berdasarkan ide-ide kita. Di sana akan tersedia variasi kata kunci yang akan disediakn oleh GKP secara otomatis beserta dengan volume pencarian perbulannya.

Setelah menemukan kata kunci utama yang diinginkan segeralah membuat sebuah artikel kemudian menyebarkan kata kunci utama tersebut secara merata ke dalamnya . Peletakan dan penyebaran dilakukan mulai dari awal artikel, kemudian di tengah serta kemudian berada di akhir artikel itu, jumlahnya pun disesuaikan dengan jumlah total kata yang ada di sana. Semakin panjang kata kunci yang digunakan maka akan semakin sedikit jumlah yang disebar dibandingkan menggunakan kata kunci ekor pendek. Untuk mempelajarinya bisa ditemukan di dalam artikel ini atau di artikel lain di internet.

3. Mulai membuat sebuah artikel yang baik dan benar serta berkualitas yang nantinya akan disukai oleh pembaca dan mesin google berdasarkan thema dan kata kunci utama yang telah dipilih. Artikel yang baik dan benar menurut pembaca dan google adalah artikel yang ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat banyak, serta di dalamnya penuh dengan informasi dan pengetahuan dan dibuat secara teratur dan terstruktur.



Cara membuat artikel yang teratur dan terstruktur adalah bahwa artikel tersebut dimulai dengan bahasa pengantar kemudian diikuti dengan definisi lalu mengapa (why) dan dilanjutkan dengam pembahasan tentang bagaimana (how to) dan kemudian diakhiri dengan kesimpulan.
Cara membuat artikel yang baik dan benar serta berkualitas seperti yang tersebut di atas juga memerlukan beberapa data tambahan yang bisa berupa data tabel, grafik, gambar, ilustrasi foto atau video. Hal ini akan semakin menarik dan akan dianggap penting oleh google apabila data tambahan tersebut telah dioptimasi pula dengan memasukkan kata kunci utama ke dalamnya sebagai bagian dari file tersebut.
Cara membuat artikel yang panjang dengan jumlah kata yang banyak di atas 1500 akan lebih menarik bagi pembaca maupun google apabila di dalamnya ada informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap dan ada kemungkinan besar akan mampu memenangkan persaingan dengan menempati ranking teratas google sehingga akhirnya akan mampu menghasilkan trafik yang bagus.

4. Penerapan teknik SEO onpage dan SEO offpage di dalam sebuah artikel yang akan dibuat. Penerapan teknik ini adalah dimaksudkan agar supaya mmemudahkan mesin pencari mengindex artikel tersebut dan memudahkan untuk mengaturnya di database server google. Sehingga semakin bagus SEOnya maka akan semakin mudah untuk berada di ranking pertama halaman pencarian dari mesin pencari google berdasakan kata kunci tertentu. Meskipun teknik SEO ini bukan satu-satunya cara dan bukan paling besar porsinya dalam menjadikan artikel tersebut sehingga mampu berada di ranking atas google. Porsi dari teknik SEO ini ada sekitar 15% dari keberhasilan suatu artikel untuk bisa meraih ranking sedangkan yang lainnya berupa Backlink quality, sosial sinyal, CTR dan tentunya qualitas artikel itu sendiri. Masih ingat dengan slogan "Content is the king?"

SEO onpage suatu artikel adalah cara membuat artikel yang padat kata kunci utama secara natural di dalam sebuah artikel yang meliputi jumlah, cara penempatanya, serta ratio antara jumlah kata kunci utama terhadap jumlah total kata dalam suatu artikel. Penempatan kata kunci utama di awal artikel akan mempunyai nilai lebih dalam SEO.

Sedangkan SEO offpage adalah teknik pembuatan backlink berkualitas bagus dari sebuah situs yang mempunyai tingkat otositas tinggi ke sebuah artikel milik kita dengan menggunakan anchor text yang sesuai dengan kata kunci utama yang dipakai di artikel tersebut. Backlink berkualitas ini bisa berupa backlink dofollow dan nofollow atau juga kombinasi dari keduanya.Semakin banyak backlink berkualitas yang didapat untuk sebuah artikel maka akan semakin memperkuat posisi ranking di google. Cara membuat artikel dengan teknik SEO ini adalah langkah untuk menargetkan trafik organik yang berasal dari mesin pencari google.



5. Aktivitas sosial sinyal dengan menyebarkan link dari artikel yang telah dibuat ke berbagai situs sosial media besar dan paling populer seperti twitter, facebook, pinterest, linkedin, quora, dsb. Cara membuat artikel dengan teknik ini adalah dimaksudkan untuk mendapatkan trafik besar dari sana sehingga akan memberikan sinyal kuat bagi google. Trafik dan sinyal yang berasal dari situs dengan otoritas tinggi yaitu DA (domain authority), PA (page aothority) serta jumlah backlink yang sangat banyak sangat diperhitungkan oleh google. Cara mendapatkan trafik yang bagus yang berasal dari situs sosial media besar ini adalah dengan menggunakan hashtag yang tepat dan bervarisasi serta waktu pelaksanaanya yang tepat pula. Sesungguhnya cara membuat artikel agar ramai dengan teknik ini adalah cara untuk semakin memperkuat posisi artikel tersebut di ranking atas google disamping dg menggunakan teknik lainnya.



6. Pembuatan backlink berkualitas tinggi yang bersifat dofollow ataupun nofollow yang berasal dari situs sosial media besar dan terpercaya dan dari beberapa blog yang mempunyai angka otoritas tinggi. Backlink adalah sebuah link yang berasal dari situs atau blog yang mengarah ke homepage atau halaman situs tertentu dengan tujuan untuk menaikkan angka otoritas baik dari segi domain ataupun dari segi halaman (page) dan juga untuk menaikan angka trafik secara langsung maupun secara organik yang datang dari mesin pencari utama semacam google yahoo dan bing. Memperoleh backlink yang berkualitas tinggi yang bersifat dofollow adalah lebih bagus meskipun hanya 1 buah daripada memperoleh backlink berkualitas rendah meskipun berjumlah banyak. Karena backlink berkualitas bagus ini cenderung dibuat secara natural, manual dan tidak mudah untuk mendapatkannya dan juga mampu menaikkan pula angka otoriotas DA suatu situs atau blog serta tidak kalah pentingnya adalah mampu manaikkan trafik.

Kedudukan backlink berkualitas tinggi jenis dofollow adalah lebih utama daripada backlink berkualitas tinggi jenis nofollow. Tetapi meskipun demikian backlink berkualitas bagus jenis nofollow tetap diperlukan karena tersedia dalam jumlah banyak sedangkan dofollow tersedia amat sedikit dan susah untuk mendapatkanya.Sehingga nantinya diperlukan kombinasi antara backlink berkualitas bagus yang dofollow dengan jenis nofollow untuk menaikkan ranking suatu artikel di halaman pertama dari mesin pencari google berdasar kata kunci tertentu.

Memperoleh backlink berkualitas bagus jenis dofollow dalam jumlah banyak akan jelas sangat mampu menempati posisi ranking teratas di google dari suatu artikel serta kestabilan posisi dari artikel tersebut asalkan teknik SEO telah diterapkan dan artikelnya lengkap serta menarik. Cara terbaik untuk memperoleh jenis backlink ini adalah dengan membuat artikel di blog lain yang mempunyai otoritas tinggi dan mempunyai kesamaan niche atau dengan kata lain menjadi guest blog atau gust post, dimana backlink ini tertanam di dalam artikelnya.

Menmpunyai backlink berkualitas bagus berjenis nofollow dalam jumlah yang sangat banyak untuk sebuah artikelpun sebenarnya cukup mampu menaikkan ranking dihalaman di google secara lambat. Misalnya menaruh link artikel di sebuah video lewat diskripsinya dimana video tersebut telah populer maka karena ada kemungkinan link tersebut akan banyak diklik juga maka itu akan menjadi sinyal bagi google untuk menganggapnya penting, apalagi link tersebut juga tertanam di banyak video sejenis lainnya. Hal ini berkaitan dengan CTR (click through rate) yang menjadi salah satu faktor penentu ranhking di google (5%).

Jenis backlink berkualitas tinggi bersifat dofollow contohnya berasal dari situs twitter pada halaman profile, youtube pada halaman channel, linkedin pada halaman profile, facebook pada halaman profile, pinterest pada halam profile, dsb. Adapaun backlink berkualitas bagus yang berjenis nofollow dapat ditemukan di halaman tweet dari twitter, halaman post dari facebook, halaman post dari linkedin dan halaman pin dari pinterest, dll.

Cara membuat artikel agar banyak mendapatkan pengunjung dengan teknik pembuatan backlink ini hanya mempunyai porsi sekitar 23 persen saja dari semua faktor yang akan mengangkat angka view dari suatu artikel. selebihnya adalah berupa SEO, sosial sinyal, dan isi dari artikel itu sendiri.



7. Membuat beberapa artikel yang relevan dari artikel utama di dalam blog milik kita sendiri dan menaruh link antar artikel yang relevan tersebut di dalamnya. Pembuatan link antar artikel yang relevan ini sebaiknya dilakuakn sebanyak 3 buah per artikel yang tersebar secara merata.

Langkah Ini dimaksudkan agar para pengunjung yang membaca suatu artikel yang ada akan tertarik untuk membaca artikel lain yang relevan melalui link yang tersedia di dalam artikel tersebut. Manfaat dari langkah ini adalah akan mampu menaikkan angka page view secara simultan dan akan menurunkan angka pentalan (bounce rate) serta akan mampu menaikkan angka PA (page authority) atau angka otoritas halaman. Angka pentalan adalah angka yang menjadi indikator bahwa artikel itu menarik atau tidak. semakin tinggi angka pentalannya maka berarti artikel tersebut kurang bagus dan tidak layak baca dan akan mengakibatkan google bisa menurunkan peringkatnya.

Langkah ini adalah cara membuat artikel agar mendapat banyak pengunjung yang berasal dari artikel lain yang telah masuk ranking di google lebih dulu melalui link antar artikel yang relevan seperti yang telah disebutkan dalam paragraf sebelumnya.

Artikel yang sudah berkualitas bagus belum tentu mampu menempati ranking seperti yang diinginkan, andaikata sudah mampupun belum tentu bisa mendapatkan trafik besar yang memuaskan. Karena semua tergantung pada jenis kata kunci yang dipilih serta kemampuan menerapkan teknik tentang cara membuat artikel agar mendapat banyak pengunjung secara disiplin dan konsisten seperti tersebut di atas. Jikapun telah mampu menemukan kata kunci dengan volume hasil pencarian besar serta telah melaksanakan semua langkah dari teknik tersebut maka masih harus dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Karena hal ini akan membutuhkan jangka waktu yang relatif lama untuk mampu menikmati hasilnya yaitu berkisaran selama 7 bulan hingga 1 tahun.

Hal yang sama bisa diterapkan pada artikel-artikel lama yang belum tersentuh dengan teknik tentang cara membuat artikel agar mendapat benyak pengunjung, ini disebut update artikel lama.Artikel lama pun bisa meraih ranking teratas di google guna meraih trafik yang besar bila sebelumnya belum berhasil dilakukan.

Artikel yang relevan: Kerja Oline Secara Part Time Dengan Menulis Blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

7 Cara Membuat Artikel Agar Mendapat Banyak Pengunjung

Sebuah artikel di internet buat oleh seorang penulis adalah dengan sebuah alasan atau tujuan. Ada yang mempunyai alasan untuk hanya sebag...