advertisement

Minggu, 18 Februari 2018

Kerja Online Sebagai Penjual Produk Digital



Kerja di dunia nyata vs kerja online, pilihan mana yang menarik? Kerja di dunia nyata itu mudah dan bisa langsung dapet gaji tapi selalu terikat, sedangkan kerja online seperti kerja online sebagai penjual produk digital adalah merdeka, adalah orang bebas, tetapi tidak mudah untuk menjalaninya.

Seseorang yang pernah bekerja pada suatu perusahaan atau pada orang lain, pasti pernah mengimpikan suatu saat akan menjadi seorang pengusaha. Menjadi seorang pengusaha itu artinya telah meningkat derajatnya dari tadinya seorang buruh berubah menjadi seorang majikan, dari seorang yang tadinya meminta bayaran telah berubah menjadi seseorang yang memberi bayaran. Siapapun bisa menjadi buruh tetapi tidak setiap orang bisa menjadi boss atau majikan.

Tetapi siapapun juga bisa menjadi majikan atau boss tanpa perlu harus menjadi buruh dulu, karena bakatnya atau takdirnya. Untuk menjadi seorang majikan atau pengusaha tidak perlu harus dimulai dengan modal besar. Yang patut diperhatikan adalah ketekunan, kerja keras, pengetahuan, kecerdasan, bakat dan ambisi serta strategi. Menjadi seorang pengusaha atau penjual tidak mesti dimulai dengan mempekerjakan orang lain. Dalam hal ini contohnya adalah kerja online sebagai penjual produk digital, Produk yang bisa dibuat dengan menggunakan komputer, dapat diunggah dan dapat didownload dengan menggunakan uang digital, atau uang fisik yang bisa di transfer secara digital melalui komputer pula. Jadi semuanya serba digital, online, otomatis, kustomisasi dan interactive.

Kerja online sebagai penjual produk digital meliputi pembuatan dan penjualan produk. Penjualan produk-produk ini bisa dibuat secara perseorangan dan bisa dijual oleh perseorangan pula, asal produk tersebut layak dan bermanfaat. Memang ada produk yang saya sebut di atas di buat oleh sekumpulan orang atau sebuah perusahaan, tetapi titik fokus tulisan artikel ini adalah sebagai penjual perseorangan.

Manfaat kerja online sebagai penjual produk digital itu ada beberapa hal:

1. Dapat dibeli oleh siapapun di seluruh dunia tanpa batasan.

2. Dapat dibeli kapanpun dan di manapun tanpa batasan kadaluarsa.

3. Dapat menghasilkan uang yang tak terbatas.

4. Dapat meningkatkan jumlah follower di akun sosial media networking kita dengan adanya fasilitas link pada halaman portfolio kita.

Apabila anda mempunyai bakat dan keahlian yang mampu menghasilkan produk digital seperti ebook, foto, video, artikel, musik,dsb, maka beberapa informasi di bawah ini bisa digunakan untuk kerja online sebagai penjual produk digital di situs atau pihak yang terpercaya, yaitu:

1. Kerja online dengan membuat dan menjual produk fotografi,

Produk digital yang satu ini dijual berupa file jpeg dengan ukuran yang maksimal (pixel) serta berkualitas bagus maksudnya adalah tidak blur, fokus serta serta sesuai dengan permintaan pasar. Produk ini bisa dihasilkan oleh kamera saku atau kamera DSLR digital dalam kondisi pencahayaan yang sempurna sehingga detail dari objek terlihat bagus.Banyak situs di internet yang bisa digunakan sebagai partner untuk menjual produk jenis ini yang bisa dipercaya seperti dreamstime, 123rf, istockphoto, bigstockphoto, dsb. Pendapatan dari hasil kerja online pada penjualan produk ini sangat tergantung dari kemampuan kita dalam memasarkan dan membuat photo yang sesuai dengan permintaan pasar, yaitu foto dengan jenis yang sedang populer atau yang sedang best selling.

Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan masalah ini lebih baik anda membaca artikel ini: kerja online sebagai fotografer frelance

2. Kerja online dengan membuat dan menjual produk Video buatan sendiri,

Video adalah salah satu produk digital yang paling populer di internet untuk dilihat oleh orang. Di youtube saja sudah ada 5 milyar video . Sedangkan situs streaming video gratis lainnya belum diketahui berapa sesungguhnya jumlah video yang ada di sana. Sehingga menjadikan produk video ini sangat diminati untuk berbagai tujuan, entah pemasaran, penjualan, mendatangkan traffic, meningkatkan follower di sejumlah akun sosial media, atau untuk sekedar hiburan saja. Oleh karena itu ada beberapa situs yang dirancang untuk menerima video yang bisa dijual atau disewakan, termasuk di youtube sendiri. Beberapa situs yang bisa dimanfaatkan sebagai kerja online untuk penjualan video atau menyewakannya adalah: youtube, break, justinmedia, dreamstime (video klip), 123rf, dsb. Kerja online di bidang ini sangat menggiurkan penghasilannya teruatama sebagai kontributor di youtube secara angka sangat fantastis.

untuk mengetahui informasi lebih detail tentang hal ini, anda bisa membaca di artikel ini: kerja online sebagai pembuat video freelance

3. Kerja online dengan membuat dan menjual aplikasi mobile phone,

Dimasa sekarang kegiatan apapun bisa dibuatkan aplikasinya untuk keperluan mobile phone, atau smartphone. Aplikasi ini bisa diupload/unggah atau didownload secara gratis maupun berbayar melalui beberapa situs yang bisa dijadikan partner untuk itu. Situs ini biasanya mendapatkan uang penghasilan dari sejumlah fee atau dari iklan di sana dari aplikasi gratis dari setiap aplikasi yang didownload. Pembuatan aplikasi bisa dengan menggunakan software gratis secara online atau mengggunakan yang berbayar. Pendapatan untuk pembuat aplikasi cukup bagus karena kerja keras mereka, tinggal bagaimana memasarkan aplikasi tersebut di internet. Beberapa situs yang bisa dimanfaatkan dalam kerja online sebagai partner penjualan dari aplikasi yang telah kita buat itu antara lain: apple store, google store, getjar, mobile9, Fdroid, SlideME, apptopia dsb.

4. Kerja online membuat dan menjual produk template website disain,

Produk ini bisa berupa file html/css dan image(jpeg, Gif) yang setelah dibeli tinggal langsung diuplaod menjadi website live, atau bisa berupa file PSD yang nantinya tinggal di konvert menjadi HTML/CSS melalui software atau menyewa programmer, atau situs yang menyediakan jasa konveersi PSD ke HTML/CSS. Ada beberap situs yang bisa dijadikan sebagai sarana kerja online sebagai partner untuk penjualan produk template disain website hasil karya kita ini, yaitu antara lain : envanto (themeforest), marketplace digitalpoint dan sellfy. Mereka menyediakan banyak fasilitas atau tool yang bagus untuk kita para pembuat dan penjual produk ini, antara lain: file hoting, bandwith tak terbatas, sales page, payment prosessor dan lain lain. Mereka biasanya akan meminta sejumlah fee dari setiap transaksi yang terjadi.

5. Kerja online membuat dan menjual produk berupa template banner ads,

Logo, ikon set, dan lain lain hasil disain grafis. produk ini berupa file psd dan biasanya dalam bentuk satu set ukuran atau kombinasi warna, yang mudah diedit/diubah menurut keperluan para disainer atau perusahaan yang membutuhkanya. Pembuatan produk ini sebaiknya dilakukan untuk dalam berbagai jenis untuk berbagai keperluan dan dalam jumlah yang banyak. Situs yang bisa digunakan sebagai partner untuk penjualan produk ini hampir sama dengan penjualan produk template disain website yaitu: envanto (graphicriver), marketplace digitalpoint dan sellfy. Mereka menyediakan fasilitas yang lengkap yang dibutuhkan para pembuat dan penjual secara online. Sebab mereka memang dirancang untuk keperluan itu dan mereka mendapatkan uang dari fee pada setiap transaksi yang ads di sana.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga artikel ini : kerja online sebagai ahli disain grafis.

6. Kerja online membuat dan menjual produk berupa musik,

yaitu dengan menggunakan pihak sebagai partner terpercaya. Mereka akan menyediakan berbagai tool, misalnya, file hosting, bandwith tak terbatas, sales page, payment prosessor, dsb. Situs semacam ini sebagian besar akan meminta sejumlah fee dari setiap transaksi yang terjadi, sebagai contoh adalah: bandcamp, beatport, intubus, gumroad, dsb.

7. Kerja online membuat dan menjual produk berupa e-book,

Produk ini berupa artikel yang berisi segala informasi tentang suatu topik tertentu. Dan biasanya berjumlah banyak, bisa puluhan lembar yang disertai dengan gambar, grafik, data, atau illustrasi. Biasanya file yang sering digunakan adalah PDF, msword, atau doc atau yang lainnya, yang berupa file zip, sehingga ukuranya menjadi lebih kecil dan cepat untuk didownload. Tempat atau situs yang dapat digunakan sebagai partner dalam penjualan produk ini antara lain: clickbank, paydotcom, amazon, dan ebay. Semuanya adalah situs pihak ketiga yang bagus, besar dan terpercaya dan mereka biasanya meminta sejumlah fee dari setiap transaksi pembelian oleh para pengunjung yang terjadi di sana. Penghasilan dari kerja online di bidang ini juga tak kalah menarik dibanding yang lainnya, terutama penjualan yang melalui situs clickbank.

8. Kerja online membuat dan menjual produk berupa artikel,

Produk ini berupa artikel tertentu yang telah dibuat oleh penulis yang bagus, untuk pembeli yang menginginkan artikel baru yang akan di publish ke blog mereka, untuk meningkatkan jumlah pengunjung di sana. Artikel ini mempunyai harga yang cukup murah dibanding kalau memesan dari penulis terkenal di sebuah situs yang bagus. Situs yang bisa digunakan sebagai partner untuk menjualkan artikel hasil karya kita adalah marketplace digitalpoint di kategory artikel. Situs ini adalah sebuah forum PHPBB, yang mempunyai seksi untuk marketplace, yang mempunyai angka traffic cukup bagus yaitu 1.9 juta orang per bulan.

Kerja online sebagai penjual produk digital seperti tersebut di atas bisa dilakukan secara sendiri sendiri atau secara bersama sama dengan 2- 3 jenis produk itu. Semuanya tergantung pada kemauan, kemampuan dan kesiapan serta keseriusan kita dalam menjalaninya. Satu jenis produk digital saja misalnya e-book, apabila dibuat dalam jumlah cukup banyak akan membawa hasil yang bagus daripada membuat produk di berbagai jenis produk tetapi tidak membawa hasil yang berarti.

Satu hal yang paling menentukan dalam kesuksesan dalam kerja online sebagai penjual produk digital adalah masalah pemasaran. Apakah kita akan berhenti setelah mengupload dan menjual disana dan menggantungkan sepenuhnya pada situs partner itu berdasarkan jumlah angka traffic yang bagus menurutku kita? atau kita akan proaktif memsarkannya sendiri ke berbagai penjuru dunia dan internet? Sebaiknya kita terus belajar tentang kesuksesan dari para produsen ternama tentang bagaiamana mereka bekerja melalui artikel, blog, ebook gratis, infographic, dsb.

2 komentar:

  1. Contoh situs nomor 8 kurang banyak gan. Kalau bisa contoh situsnya lebih dari tiga. Terimakasih

    BalasHapus
  2. iya nanti.... thanks telah mampir

    BalasHapus

Featured Post

7 Cara Membuat Artikel Agar Mendapat Banyak Pengunjung

Sebuah artikel di internet buat oleh seorang penulis adalah dengan sebuah alasan atau tujuan. Ada yang mempunyai alasan untuk hanya sebag...