advertisement

Selasa, 05 Maret 2019

9 Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogspot Blogger



Artikel yang satu ini di peruntukkan bagi mereka yang belum pernah atau belum tahu tentang cara cara membuat blog gratis yang begitu bermanfaat untuk kamu dan banyak orang lainnya. Sedangkan bagi yang sudah menggunakananya anggaplah sebagai pelengkap pengethauan saja.

Andaikata kamu belum mempunyai sebuah blog sampai saat ini, padahal kamu hobby membaca dan punya keinginan untuk menulis dan untuk mencari uang melalui tulisan kamu. Maka sebaiknya kamu segera membuat sebuah blog gratis yang disediakan di internet. Gratis di sini adalah segala galanya kecuali artikel dan penginjung. Gratis dalam hal nama domain (walau hanya setingkat subdomain), hosting template, bandwith, files (foto, video, dan audio) serta script dan widget serta berbagai alat penunjang lainnya.

Ada beberapa penyedia layanan blog gratis yang bagus di internet yang bisa digunakan yaitu antara lain blogspot (blogger), worpress, weebly, tumblr, webs, jigsy, dan medium. Tetapi berdasarkan pengamatan saya jumlah pengguna blogger blogspot di indonesia lebih banyak daripada yang lainnya. Karena blogspot atau blogger disamping mudah penggunaanya, juga menarik serta lengkap fasilitasnya dan fleksibel untuk digunakan dalam mencari uang. Blogspot atau blogger adalah sebuah situs penyedia layanan pembuatan blog gratis dan berbayar yang dimiliki oleh google.com, sehingga mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi. Blogspot atau blogger adalah juga termasuk sebuah situs web 2.0 dengan tingkat authority yang sangat tinggi sehingga baik untuk digunakan sebagai jalan untuk membangun backlink dan meningkatkan angka kunjungan ke situs bisnis kamu.

Artikel tentang cara membuat blog gratis dengan blogspot atau blogger ini cukup panjang sehingga diminta kesabaranya, tetapi pada dasarnya hanya membahas yang penting penting saja. Andaikata akan menulis semuanya maka dikawatirkan terlalu panjang dan akan mengakibatkan kebosanan. Karena akan lebih baik untuk praktek secara langsung dengan hadirnya sebuah atau beberapa artikel di sana sehingga akan lebih menguasai suatu topik dengan cara learn by doing.

Baiklah di bawah ini ada beberapa langkah sebagai cara membuat blog gratis dengan blogspot atau blogger yang bisa dipraktekan berdasarkan pengalaman saya.

1. Segera membuka situs blogger (blogspot) di mesin pencari google atau langsung ketik di web browser kamu lengkap dengan alamat blogger.com. maka tampilan screenshot yang ada adalah seperti ini.



2. Kemudian tekan tombol merah "create your blog" yang ada di tengah halaman. Sehingga kamu akan dibawa ke halaman akun blogger (yang merupakan akun google juga...akun google bisa digunakan untuk banyak kepentingan, misal untuk masuk ke gmail, google photo, google plus, google doc., google business, google webmaster tool, google directory, youtube, blogger, google keyword tool, dan banyak situs lain yang terhubung dg google tapi bukan milik google).Segera masukkan nama gmail lalu tekan tombol berikutnya dan masukkan password anda serta tekan tombol masuk. Apabila kamu belum mempunyai akun google segera saja membuat satu akun di sana dg tekan tombol buat akun. lalu isi semua permintaan form pendaftaran akun disana secara lengkap.



3. Setelah masuk ke dalam akun blogger maka kamu akan langsung tersaji sebuah jendela (window) untuk membuat debuah blog baru, dimana ada dua kotak yang diminta untuk diisi yaitu nama blog yang akan kamu buat serta alamat blog yang akan digunakan yaitu alamat dengan akhiran blogspot.com. Sedangkan maksud dari custom domain later adalah apabila kamu akan menggunakan domain pilihanmu sendiri yang berupa domain berbayar atau hasil pembelian. Kemudian pilih theme yang kamu sukai dari theme yang tersedia di sana (ada contempo, simple, soho, emporio, notable, dynamic viuews, dll). Tekan tombol create blog.



4. Kamu akan tersaji sebuah jendela baru yang ditawarkan google yang isinya apakah kamu akan melakukan pencarian nama domain unik, tapi karena fokus kita adalah untuk membuat blog gratis maka lewati saja dengan tekan tombol no thanks.



5. Kemudian kamu dibawa ke jendela baru lagi yang berupa dashboard blogger milik kamu yang masih kosong. Sebagai percobaan untuk melihat tampilan blog baru kamu, maka saya sarankan untuk membuat artikel palsu yang sangat singkat......yaitu sebuah tulisan " hallo, apa kabvar dunia.... ini tulisan aku yang pertama" dengan judul "artikel pertama". Cara membuatnya tekan tombol yang berupa tulisan create a new post.



6. Akan ada sebuah jendela (window) baru tertampil. Sebuah jendela untuk membuat sebuah artikel baru. Segera isi judul (tittle) seperti yang saya sarankan yaitu "artikel pertama" sedangkan tulisannya " hallo, apa kabar dunia.... ini tulisan aku yang pertama". terus tekan save untuk menyimpannya atau publish untuk mempublish tulisan atau artikel tersebut. Patut diperhatikan tentang penulisan judul hendaknya atau sebaiknya huruf pertama dari setiap kata dalam judul menggunakan huruf besar. Juga memperhatikan link yang akan tercipta dari setiap artikel yang telah dibuat agar sesuai dengan judul yang sudah disusupi kata kunci, kalau belum maka hendaknya segera diubah dengan tekan tombol permalink disebelah kanan bawah dari jendela (window) itu serta gunakan pilihan custom, segera ubah link yang ada secara default dengan link yang kamu inginkan.



7. Setelah terpublish sebaiknya segera dicheck untuk melihat tampilan blog baru kamu. Sedangkan artikel yang telah kamu buat sebelumnya bisa kamu ubah atau kamu hapus nantinya. Maka tampilan blog kamu akan terlihat seperti di bawah ini. Sebagai contoh, saya menggunakan theme simple.



8.Agar tampilan blog baru kamu nantinya tambah bagus, maka kamu sebaiknya menambah kelengkapan penunjang disebelah kanan dari blog itu dengan semacam postingan terpopuler, Tentang kamu, Kotak arsip (archive), follow by email, angka kunjungan atau kotak yang berisi deretan iklan yang kamu mau, kotak kontak, dsb. Cara pembuatan atau pengisian kelengkapan itu bisa dilakukan melalui dashboard blog kamu dengan menekan tombol layout. maka kamu akan diberi tampilan jendfela (window) baru yang berupa Skema layout punyamu yang masih sederhana.



9. Langkah selanjutnya kamu segera fokus ke bagian "sidebar right-1" dari halaman layout. Segera menekan tombol add a gadget, maka kamu akan diberi tampilan jendela baru yang berisi daftar gadget yang bisa ditampilkan di blog baru kamu tepatnya di sebelah kanan. Segera pilih salah satu dari yang ada di sana (ada adsense, featured post, blog search, profile, blog archive, dsb) lalu klik tombol + yang ada di sebelah kanan, maka gadget tersebut telah tersimpan dan terpasang di blog baru kamu.



Kesembilan langkah cara membuat blog gratis di blogspot atau blogger milik google tersebut di atas adalah jalan yang termudah menurut pengalaman yang saya lakukan. Kesemuanya bisa dilakukan secara berurutan dan lebih baik lagi dilakukan secara lengkap semuanya. Sebenarnya pembuatan sebuah blog telah tercapai sampai pada langkah ke tuju tetapi langkah ke 8 dan 9 adalah bonus untuk kamu terapkan, sebab sebuah blog di blogspot tanpa gadget rasanya kurang indah dan kurang mendukung hasil yang diinginkan oleh pembuat blog. Apabila blog kamu di blogspot telah lengkap dan bagus tampilannya maka kamu boleh mengupgrade nya dari segi tampilan theme dengan menggunakan theme yang mahal sehingga lebih kelihatan proffesional dan meyakinkan, tetapi semua tergantung dari segi keuangan anda.

Artikel tentang cara membuat blog gratis dengan blogspot ini adalah salah satu dari sekian banyak artikel yang serupa di internet. Mereka juga cukup bagus dan informatif tidak ada salahnya untuk dibaca guna menambah wawasan dan menambah bagus tampilan dan fungsinya. Terutama dari segi pembuatan artikel yang berkualitas. Artikel ini dibuat untuk membantu bagi para pendatang baru di dunia blog serta diuharapkan mampu menambah pengetahuan bagi para blogger yang sudah berpengalaman.

Sebenarnya cara membuat blog gratis di mananpun hampir sama saja (maksudnya ... untuk berbagai pelayanan pembuatan blog gratis) cuman ada sedikit perbedaan di sana sini. Dengan mengetahui cara membuat blog gratis di blogspot ini maka akan mudah untuk membuat blog dengan berbagai macam platform CMS (content management system) pada situs web 2.0 semacam ini. Dengan mengetahui dan mempraktekan cara membuat blog berarti kamu selangkah lebih maju dalam dunia internet, dalam bidang pemasaran, dalam bidang mencari uang, serta dalam bidang mengeksplorasi bakat penulisan serta kemampuan analisa, dan berbagai kemampuan terpendam lainnya semacam fotografi, videografi serta grafis disain.

Jadi marilah mulai mempraktekan cara membuat blog gratis ini dengan memulai membuat sebuat blog dari sekarang.

Artkel lain yang bermanfaat: Cara Membuat Splash Page Dari Easyhits4u



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

7 Cara Membuat Artikel Agar Mendapat Banyak Pengunjung

Sebuah artikel di internet buat oleh seorang penulis adalah dengan sebuah alasan atau tujuan. Ada yang mempunyai alasan untuk hanya sebag...